Instalasi FreePBX VOIP Server Pada VM Proxmox



Assalamulaikum Wr. Wb.
     Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang bagaimana sih membuat sebuah VOIP Server pada FreePBX?. Dengan menggunakan FreePBX ini, nantinya kita dapat melakukan komunikasi suara melalui protocol IP dengan management yang sangat mudah sekali karena admin panelnya berbasis GUI. Nah untuk lebih lengkapnya yuk kita pahami penjelasan berikut.

A. Pengertian

    Freepbx adalah berbasis web open source GUI (graphical user interface) yang mengontrol dan mengelola Asterisk (PBX), server komunikasi open source. FreePBX dilisensikan di bawah GNU General Public License (GPL), lisensi open source. FreePBX dapat diinstal secara manual atau sebagai bagian dari pra-konfigurasi FreePBX Distro yang mencakup sistem OS, Asterisk, FreePBX GUI dan berbagai macam dependensi. Dengan kata lain freepbx merupakan distro lengkap untuk kebutuhan untuk membangun voip server baik untuk kebutuhan sekala kecil maupun besar.

Keuntungan Memiliki Voip Server

  • Komunikasi antar kantor cabang gratis atau tanpa biaya, karena komunikasi melalui internet.
  • Memiliki management extension yang lebih baik dibandingkan pabx konvensional.
  • Bisa merekam semua pembicaraan telp.
  • Memiliki report yang lengkap terhadap kegiatan komunikasi.
  • etc


B. Latar Belakang
    Dalam hal ini saya ingin membangun sebuah VOIP Server yang mudah dalam proses instalasi dan management nomornya.

C. Persiapan Software dan Hardware

  • 1 Komputer server proxmox
  • 1 File ISO FreePBX     

D. Maksud dan Tujuan
      Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan untuk membangun sebuah VOIP Server menggunakan sistem operasi FreePBX.


E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. Aktifkan terlebih dahulu vps yang ingin kita install FreePBX dengan klik pada vps tersebut (vps4) kemudian pilih start.


2. Kemudian klik pada button console yang terdapat pada vps tersebut(vps4) untuk membuka jendela console atau jendela dari VM tersebut.


3. Selanjutnya akan tampil jendela installasi FreePBX pada vps4. Pilih Full Install pada salah satu jenis FreePBX yang ingin kita install kemudian tekan enter. Dalam opsi instalasi ini terdapat dua jenis FreePBX yang bisa kita gunakan, perbedaanya hanya terdapat pada versi Asterisk (VOIP Servernya) yang akan digunakan. Disini terdapat dua versi Asterisk yaitu Asterisk 13 dan Asterisk 11. Disini saya gunakan FreePBX 10.13.66 with Asterisk 13.


4. Pada tahap ini merupakan konfigurasi ip pada FreePBX. Tekan tombol Spasi (space) untuk memberi tanda bintang (*) atau menghapus tanda bintang tersebut. Tanda bintang (*) disini berfungsi untuk memilih. Dalam konfigurasi ip pada FreePBX ini terdapat dua opsi, yang pertama adalah menggunakan IPv4 dan yang kedua menggunakan IPv6. Karena disini saya akan mensetting ipnya dengan IPv4 Static, maka beri tanda bintang pada (*) Enable IPv4 Support dan pastikan bahwa anda telah menghapus tanda bintang pada ( )Enable IPv6 Support. Pada sub Enable IPv4 Support, beri tanda bintang pada (*) Manual configuration untuk mengatur IPv4nya secara static. Pilih OK dan tekan Enter untuk menerapkan pilihan.


5. Pada Manual TCP/IP Configuration, atur pemberian IPnya sesuai dengan topologi yang telah kita buat. Untuk IPnya = 10.10.114.1/30, Gateway = 10.10.114.2, dan Name servernya isi dengan IP DNS Server = 10.10.112.1 . Kemudian pilih OK dan tekan Enter untuk menerapkan konfigurasi.


6. Pada tahap berikutnya adalah pengaturan time zone atau zona waktu. Pilih saja zona waktu yang sesuai dengan tempat anda, contohnya saya memilih zona waktu Asia/Jakarta dengan menekan tombol right arrow (arah kanan) pada keyboard dan jika sudah terpilih maka pilihan tersebut akan berubah menjadi biru. Pilih OK dan tekan Enter untuk menerapkan konfigurasi yang telah kita lakukan.


7. Pada tahap selanjutnya kita akan diminta untuk mengatur password untuk user root. Masukkan password untuk user root pada kolom password dan masukkan password lagi untuk konfimasi password pada kolom password (confirm). Pilih OK dan tekan Enter untuk menerapkan konfigurasi.


8. Proses FreePBX dalam membuat partisi, tunggu hingga selesai.


9. Proses FreePBX dalam pemformatan partisi, tunggu hingga selesai.


10. Proses pemulaian installasi FreePBX, tunggu hingga selesai.


11. Proses Installasi package-package yang diperlukan oleh FreePBX, tunggu hingga selesai.


12. Selanjutnya otomatis VM akan melakukan reboot dan kita akan masuk ke grub bootloader dari FreePBX.


13. Tunggu hingga proses loading selesai.


14. Selanjutnya anda akan diminta untuk menekan kombinasi tombol ctrl+alt+f1, akan tetapi jika anda tekan langsung kombinasi tombol tadi tidak akan berefek pada vm dan malah berefek pada komputer host anda. Oleh karena itu pada proxmox ini terdapat menu input keyboard yang terdapat pada pojok kanan atas disamping menu power. Klik pada menu input tersebut, kemudian pilih input kombinasi tombol ctrl+alt+f1.


15. Login sebagai user root dan masukkan password dari user root tersebut sesuai dengan yang sudah kita atur tadi pada saat proses installasi.


16. Selanjutnya anda akan masuk sebagai root ke tampilan CLI dari FreePBX. Dari keterangan yang terdapat pada FreePBX ini, dapat kita ketahui bahwa kita dapat mengakses tampilan GUI dari FreePBX tersebut dengan mengetikkan IP dari FreePBX pada Web Browser kita.


17. Untuk mempermudah melakukan konfigurasi pada FreePBX kita akses GUI dari FreePBX dengan mengetikkan IP dari FreePBX pada Web Browser kita dan tekan enter.


1    18. Pada saat pertama kali anda mengakses GUI dari FreePBX, anda akan diminta untuk membuat user baru yang bertindak sebagai administrator. Isikan nama user pada kolom Username, masukkan password dari username tersebut pada kolom Password, masukkan kembali password dari user tersebut untuk konfirmasi pada kolom Confirm Password, dan masukkan alamat email dari user tersebut pada kolom Admin Email address. Klik Create Account untuk membuat user tersebut.


19. Kemudian akan muncul tampilan awal dari GUI FreePBX. Untuk masuk sebagai administrator, klik pada FreePBX Administration.


20. Selanjutnya anda akan diminta untuk login dengan user administrator yang telah anda buat pada awal masuk GUI FreePBX tadi. Masukkan username dan password dari user tersebut dan klik Continue untuk Login.


21. Setelah anda berhasil login sebagai administrator maka akan muncul tampilan utama dari halaman administrator FreePBX.



F. Referensi
sumber : https://opinikoe.com/voip-server-dengan-freepbx/

G. Hasil dan Kesimpulan
Dengan membangun VoIP Server menggunakan FreePBX ini, admin dimudahkan dalam hal instalasi dan konfigurasinya. Selain itu admin dimudahkan dalam melakukan pengelolaan VoIP Server karena pengelolaan VoIP Severnya berbasis GUI.

Sekian dari saya, mohon maaf sebesar-besarnya jika terdapat banyak kesalahan dalam postingan saya ^-^ 

Wassalamualikum Wr. Wb.
Previous
Next Post »