Menambah Dan Mengganti Tema Pada Moodle



Assalamulaikum Wr. Wb.
     Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang bagaimana sih cara menambah dan mengganti tema pada moodle agar menjadi menarik?, karena kalau tema atau tampilan dari moodle menarik, pasti penggunanya akan tertarik untuk menggunakan elearning ini. Nah untuk lebih lengkapnya yuk kita pahami penjelasan berikut.

A. Pengertian

     MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

B. Latar Belakang

     Dalam mennggunakan moodle, kadang-kadang seorang murid atau pengguna lain akan merasa bosan dan kurang tertarik jikalau tema atau tampilan visual pada media pembelajaran Elearningnya kurang menarik dan hanya itu-itu saja. Nah untuk mengatasi hal tersebut, tentu saja pada kesempatan kali ini saya akan melakukan pergantian tema pada moodle untuk menarik perhatian murid atau pengguna yang lainnya untuk melakukan Elearning


C. Persiapan Software dan Hardware
  • Komputer Server Proxmox yang sudah terinstall Debisan server pada VMnya
  • Laptop
  • Media penghubung antara Laptop dengan Komputer Server
  • Sumber internet

D. Maksud dan Tujuan

     Dengan melakukan pergantian tema atau tampilan visual pada media pembelajaran Elearning moodle ini, diharapakan akan menarik minat murid dan pengguna yang lain untuk menggunakan media Elearning moodle ini.

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. Pastikan VM anda sudah terinstall Moodle, jika belum anda dapat melakukan instalasinya dengan membaca postingan saya yang dulu di sini .

2. Download terlebih dahulu tema yang nantinya akan kita pakai di sini .


3. Akseslah moodle anda dengan mengetikkan "ip_server/moodle" pada web browser anda. untuk melakukan login, klik pada link login yang terdapat pada pojok kanan atas.

4. Pada moodle anda, masuklah sebagai Admin agar kita mendapatkan wewenang untuk dapat melakukan perubahan-perubahan pada moodle.
 

5. Untuk melakukan penambahan tema pada moodle, beralihlah Pada panel Administration --> pilihlah Site administration --> Plugins --> Install plugins .
 

6.  Selanjutnya kita akan masuk ke pengaturan penambahan plugin. Karena kita tadi sudah melakukan pendownloadan file tema dengan bentuk .zip, maka untuk cara penginstalannya kita pilih "install plugin from zip file" dan klik pada "choose file" untuk menentukan filenya.

7. Pada jendela file picker, pilh upload file --> kemudian klik "Browse" untuk memilih file tema yang akan kita tambahkan.

8. Pilih file tema moodle yang telah kita download, kemudian klik Open.
 

9. Setelah file tema untuk moodlenya terpilih, langkah selanjutnya adalah mengupload file tersebut dengan meng-klik "Upload this file".

10. Setelah file selesai di upload, langkah selanjutnya adalah menginstall plugin tersebut dengan mengklik pada "Install plugin from the ZIP file".

11. Selanjutnya file tema tadi akan di check, apakah file ini corupt atau tidak. Jika sudah terdapat keterangan "OK" seperti dibawah ini, berarti file anda aman dan dapat di install. Klik continue untuk melanjutkan

12. Selanjutnya kita lakukan upgrade databasenya dengan melakukan klik pada "Upgrade Moodle database now".

13. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan bahwa upgrade yang telah kita lakukan "success" dan tema yang kita upload telah tertambahkan. Klik "Continue" untuk melanjutkan.

14. Pada bagian setting tema yang baru kita upload ini, kita bisa melakukan pengaturan-pengaturan untuk tema ini. Jika sudah, klik "Save" untuk menyimpan pengaturan-pengaturan yang telah anda lakukan.

15. Penambahan tema pada moodle telah selesai, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengganti tema default dari moodle dengan tema baru yang telah kita upload. Caranya beralihlah ke panel Administration --> Pilih Site administration -->Appearance --> Themes --> Themes selector.

16. Untuk melakukan perubahan tema pada moodle, klik pada bagian "Change theme".
 

17. Pilih pada tema yang tadi telah kita upload, kemudian klik pada "Use theme" untuk menggunakan tema yang telah kita pilih.
 

18. Klik "Continue" untuk menyimpan pengaturan tema yang telah kita lakukan.

19. Jika telah terjadi perubahan tema seperti ini. Selamat, penambahan dan penggantian tema pada moodle anda telah berhasil.




F. Referensi
Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Moodle
https://fahmidwi42.blogspot.co.id/2016/09/menambah-dan-mengganti-themestema-pada.html


G. Hasil dan Kesimpulan

     Dengan adanya pergantian tema atau tampilan visual dari moodle ini, membuat tampilan dari moodle menjadi menarik dan diharapkan dapat menambah daya tarik dari murid dan pengguna lain dalam memakai media pembelajaran Elearning menggunakan moodle ini.

     Sekian dari saya, mohon maaf sebesar-besarnya jika terdapat banyak kesalahan dalam postingan saya ^-^ 

Wassalamualikum Wr. Wb.

Previous
Next Post »