Pembuatan Nomor Telephone VoIP pada Freepbx



Assalamulaikum Wr. Wb.
     Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang bagaimana sih membuat sebuah nomor atau ekstensi pada FreePBX. Nah untuk lebih lengkapnya yuk kita pahami penjelasan berikut.

A. Pengertian

    Freepbx adalah berbasis web open source GUI (graphical user interface) yang mengontrol dan mengelola Asterisk (PBX), server komunikasi open source. FreePBX dilisensikan di bawah GNU General Public License (GPL), lisensi open source. FreePBX dapat diinstal secara manual atau sebagai bagian dari pra-konfigurasi FreePBX Distro yang mencakup sistem OS, Asterisk, FreePBX GUI dan berbagai macam dependensi. Dengan kata lain freepbx merupakan distro lengkap untuk kebutuhan untuk membangun voip server baik untuk kebutuhan sekala kecil maupun besar.

Keuntungan Memiliki Voip Server

  • Komunikasi antar kantor cabang gratis atau tanpa biaya, karena komunikasi melalui internet.
  • Memiliki management extension yang lebih baik dibandingkan pabx konvensional.
  • Bisa merekam semua pembicaraan telp.
  • Memiliki report yang lengkap terhadap kegiatan komunikasi.
  • etc


B. Latar Belakang
    Dalam sebuah sistem telephone atau VOIP, pasti akan terdapat sebuah id yang digunakan oleh user untuk berkomunikasi dari user satu ke user lainnya. Nah dalam VOIP id yang digunakan adalah sebuah nomor telephone atau biasa disebut Extension.

C. Persiapan Software dan Hardware

  • 1 Komputer server proxmox
  • 1 VM Proxmox yang sudah terinstall FreePBX    

D. Maksud dan Tujuan
      Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan untuk membuat sebuah nomor telephone pada VOIP Server FreePBX,


E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1.    1. Masuklah ke halaman Web atau tampilan GUI dari Freepbx dengan menggunakan ip, kemudian masuklah ke halaman web administrator dari FreePBX dengan mengklik pada FreePBX Administration.



1.     2. Kemudian masukkan username dan password dari user admin dan klik Continue untuk melakukan proses login.



1.      3. Pada halaman administrator klik pada menu Application dan pilih submenu Extensions untuk membuka halaman pembuatan user dan nomor pada FreePBX.



1.      4. Pada halaman pembuatan nomor atau Extension, klik pada Add Extension dan pilih pada Add New PJSIP Extension untuk membuat user dan nomor baru. 



1.    5. Pada pembuatan Extension baru ini lakukan hal-hal berikut pada tab General.
  •          Pada bagian User Extension ini merupakan pembuatan nama user sekaligus nomor yang akan digunakan pada VOIP, jadi pada kolom ini masukkan nomor yang ingin dibuat pada VOIP. Contohnya disini saya isi dengan 125.
  •          Pada bagian Display Name ini merupakan nama yang akan tertera pada saat panggilan telepon, untuk bagian ini isi dengan nama seperti ivanramadhan.
  •          Pada bagian Secret ini merupakan password dari user tersebut, jadi isi kolom ini dengan password yang ingin anda berikan.




6. Selanjutnya beralihlah ke tab Other, pada iSymphony Settings ini masukkan lagi password untuk user pada bagian User Password. Klik Submit untuk mengakhiri pembuatan user dan nomor baru.


7.  Jika user dan nomor berhasil dibuat, maka akan muncul pada daftar Extension. Selanjutnya klik Apply Config untuk menerapkan konfigurasi-konfigurasi yang telah kita lakukan.


8. Buatlah user-user dan nomor-nomor yang lain seperti pada gambar dibawah ini.




F. Referensi
sumber : https://opinikoe.com/voip-server-dengan-freepbx/

G. Hasil dan Kesimpulan
Dengan melakukan kegiatan ini kita dapat membuat sebuah nomor atau extension yang nantinya digunakan oleh user untuk menelphone..

Sekian dari saya, mohon maaf sebesar-besarnya jika terdapat banyak kesalahan dalam postingan saya ^-^ 

Wassalamualikum Wr. Wb.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar