Uji coba VOIP Server FreePBX



Assalamulaikum Wr. Wb.
     Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang bagaimana untuk menguji VoIP Server yang telah kita buat sebelumnya dengan menggunakannya untuk menelphone dari user satu ke user lainnya. Nah untuk lebih lengkapnya, Berikut adalah langkah-langkah pengujiannya.

Langkah

1. Pertama pastikan bahwa anda telah melakukan instalasi Zoiper pada laptop anda. Jika belum tahu bagaimana cara instalasi zoiper, anda bisa mengunjungi postingan saya yang dulu di sini.

2. Selanjutnya buka aplikasi zoiper anda.


3. Kemudian akan muncul pemberitahuan seperti ini. Jika anda ingin si zoiper ini otomatis aktiv saat anda log in pilih saja "yes", jika tidak pilih saja "no".


4. Selanjutnya akan muncul tampilan awal dari zoiper, untuk membuat user account baru klik pada "Settings" --> Pilih Preferences atau anda cukup membukanya dengan menekan Ctrl+P.

5. Pada tab Account, klik pada Create account untuk mendaftarkan atau menambahkan akun user yang telah kita buat pada FreePBX ke dalam Zoiper.

6. Pilihlah SIP pada tipe akun yang akan digunakan, karena memang akun pada FreePBX kita bertipe SIP.


7. Pada tahap Credentials ini merupakan tahap kita untuk login dengan akun yang kita miliki pada VoIP Server. Lakukan hal-hal berikut pada tahap ini.

  • Pada user / user@host  ini masukkan username dari user yang telah kita buat pada FreePBX (nomor VoIP) + alamat VoIP server (bisa menggunakan IP atau Domain) + port yang digunakan oleh VoIP, jadi format penulisannya adalah user@alamat_VoIP_server:port. Contohnya adalah 125@10.10.114.1
  • Pada bagian Password masukkan password dari user tersebut.
  • Klik Next untuk melanjutkan.


8. Pada bagian Account name di kolom Account name biarkan saja seperti defaultnya dan beri tanda checklist pada Skip auto-detection. Klik Next untuk melanjutkan.


9. Kemudian akan ada pemberitahuan bahwa akun anda telah ditambahkan ke daftar akun, klik Close untuk mengakhiri proses penambahan akun.


10. Jika akun yang kita tambahkan ke Zoiper benar dan cocok seperti yang ada pada VoIP server, maka pada akun tersebut akan terdapat tanda checklist berwarna hijau dan terdapat keterangan Registered yang berarti akun telah teregistrasi. Klik OK untuk menerapkan konfigurasi yang telah kita lakukan.




11. Lakukan instalasi dan konfigurasi akun zoiper pada komputer kedua. Contohnya saya atur untuk komputer2 menggunakan akun luckyreza.

12. Selanjutnya kita coba untuk melakukan panggilan telephone dari ivanramadhan(komputer1) ke luckyreza(komputer2). Beralihlah ke tab Dialpad dan masukkan nomor dari luckyreza yaitu 128, klik Call untuk melakukan panggilan telephone.

13. Berpindahlah ke komputer2 ( user: luckyreza), maka anda akan mendapat panggilan telephone dari ivanramadhan (komputer1). Terima panggilan tersebut untuk berkomunikasi dengan user di komputer1.

14. Setelah telephone diterima oleh ivanramadhan maka tampilannya akan berubah seperti pada gambar di bawah ini dan anda dapat berbicara sepuas anda dengan gratis. Klik Hang UP untuk mengakhiri panggilan telephone.




Latest
Previous
Next Post »