Installasi Zimbra Mail Server 8.7 Pada Ubuntu 16.04


Hasil gambar untuk zimbra


Assalamulaikum Wr. Wb.
     Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang instalasi Zimbra Mail Server pada Ubuntu. Tapi apakah teman-teman sudah tahu apa itu zimbra, fungsinya untuk apa dan apa keunggulannya dibandingkan dengan yang lain ? . Nah untuk lebih lengkapnya yuk kita pahami penjelasan berikut.


A. Pengertian

      Zimbra adalah software open source untuk email server dan kolaborasi (groupware), yang menyediakan solusi email server yang powerful, penjadwalan, kalender grup, kontak dan manajemen penyimpananan dokumen via web. Zimbra server tersedia untuk Linux, Mac OS X dan platform virtualisasi. Zimbra menggunakan klien Ajax Web 2.0 yang dapat di jalankan pada browser firefox, Safari dan Internet Explorer (6.0+) dan IE serta mudah diintegrasikan dengan portal web API, aplikasi bisnis dan VoIP menggunakan web services.

 Berikut Kelebihan yang dimiliki oleh Zimbra :
  • Beroperasi menggunakan Operating System Linux (Jadi selain aplikasi ini open source juga dapat dijalankan pada OS yang Open Source juga)
  • AntiVirus dan AntiSpam Handal dan include secara satu kesatuan dalam mail server
  • Kapasitas User account dan Mailbox tidak terbatas
  • Pengaturan dan pemeliharaan sangat mudah dengan Web Administration console
  • Memiliki kemampuan Multi Domain
  • Memiliki pembatasan Quota MailBox per User
  • Dapat di gabungkan dengan Fitur Spooling Mail

Beberapa Email Protocol yang ada pada Mail Server Zimbra :

  •     SMTP (Simple Mail Transport Protocol)
  •     SSMTP (Secure Simple Mail Transport Protocol)
  •     POP3 (Post Office Protocol )
  •     POP3S (Secure Post Office Protocol )
  •     IMAP (Internet Mail Application Protocol)
  •     IMAPS (Secure Internet Mail Application Protocol)


Mail Server Zimbra menggunakan 3 pilihan akses Webmail berdasarkan kecepatan koneksi internet yang dimiliki user yaitu :

  • Advanced Client (AJAX), untuk Kecepatan koneksi user tinggi misalnya min 512 kbps ke atas
  • Standard (HTML), untuk Kecepatan koneksi user sedang misalnya min 256 kbps s/d 384 kbps
  • Mobile, Bila anda menggunakan smartphone atau kecepatan koneksi yang anda miliki GPRS atau dial-up gunakan pilihan ini.

Untuk Fitur dan menu pilihan yang tersedia pada webmail Server Zimbra adalah sebagai berikut :


     Saat ini banyak Aplikasi Email client yang kompatibel dapat mengakses Mail server Zimbra, Berikut beberapa aplikasi yang dapat di gunakan oleh user sebagai Email Client yaitu : Zimbra Dekstop, Outlook Express, Microsoft Outlook, Mozilla Thunder Bird, dan lain-lain.

     Server Zimbra juga dapat berjalan di semua Web Browser dengan di dukung pengembangannya oleh Web Browser yang ada, seperti : Microsoft Internet Explorer, Mozilla FireFox, Safari, Google Chrome, dan Opera.

B. Latar Belakang

     Dari sekian banyak pemakaian internet, email merupakan salah satu bagian penting. E-mail merupakan sarana untuk menulis, mengirim dan menerima surat elektronik sejak masa awal ARPANET dan sangat populer. Banyak orang mendapatkan lusinan pesan seharinya dan menganggapnya sebagai cara utama untuk berinteraksi dengan dunia luar, yang jauh mengalahkan jarak telepon dan  surat tradisional.  Umumnya program e-mail telah tersedia pada setiap jenis komputer pada masa ini.Untuk bisa mengakses email, secara langsung harus berhubungan dengan mail server yang akan melayani permintaan dari users yang ingin mengakses ke email tersebut. Dimana email merupakan salah satu kemudahan atau aplikasi yang paling banyak digunakan di internet. Hal ini karena email merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat.


C. Jangka Waktu Kegiatan
     Dalam melakukan kegiatan ini saya memerlukan waktu hingga 3 jam, ini dikarenakan saya baru pertama kali ini melakukan instalasi zimbra dan saya mendapatkan beberapa error saat proses intalasi.


D. Persiapan Software dan Hardware
  • 1 Komputer yang telah di install dengan sistema operasi ubuntu
  • 1 Laptop client
  • Media penghubung
  • Sumber internet

E. Maksud dan Tujuan

      Kegiatan ini bermaksud agar kita bisa melakukan konfigurasi dan instalasi zimbra mail server pada ubuntu, sedangkan tujuannya adalah untuk membuat sebuah mail server yang nantinya bisa diintegrasikan dengan openfire maupun server radius untuk SSO.


F. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. Pertama atur konfigurasi ip pada Ubuntu dan juga pada laptop client sehingga laptop client dan Ubuntu bisa melakukan ping

2. Pastikan bahwa komputer ubuntu telah mendapatkan koneksi internet dan lakukan pengupdatetan repository dengan mengetikkan perintah "apt-get update"

3. Lakukan instalasi "openssh-server" agar komputer ubuntu dapat kita remote melalui komputer client dengan menggunakan ssh. Untuk menginstallnya ketikkan perintah "apt-get install openssh-server".

4. Jika anda ingin ssh melalui root, maka ubahlah konfigurasi ssh di file /etc/ssh/sshd_config pada baris konfigurasi "PermitRootLogin" ubah menjadi "PermitRootLogin yes" kemudian restart service ssh anda dengan perintah "service ssh restart".

5. Pertama kita lakukan pengaksesan dari laptop client ke komputer ubuntu melalui ssh. untuk melakukannya ketikkan perintah "ssh user@ip_komputer_tujuan".
# ssh root@192.168.201.1
 

6. Selanjutnya masukkan password dari user yang ingin diakses.
 
 7. Untuk melakukan konfigurasi interfaces pada ubuntu anda dapat melakukannya dengan mengetikkan perintah "nano /etc/network/interfaces"

8. Untuk pengaturan ip address pada komputer ubuntu saya kurang lebih seperti pada gambar di bawah ini.

9. Setelah anda melakukan konfigurasi ip address pada file tersebut, agar pengaturan tadi dapat diterapkan maka anda perlu merestart service networking dari komputer tersebut dengan mengetikkan perintah "service networking restart". Selanjutnya ketikkan "ifconfig" untuk melihat apakah interface kita telah tersetting IPnya atau belum, jiksa ipnya sudah terseting maka tampilannya kurang lebih seperti pada gambar dibawah ini.

10. Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi hostname pada ubuntu agar sama dengan nama domain email kita nantinya, karena jika tidak sama nantinya akan menyusahkan kita dalam mengkonfigurasi ataupun malah akan terjadi error. Pertama konfigurasi pada file "/etc/hosts" dengan perintah"
# nano /etc/hosts

11. Pada file tersebut tambahkan baris konfigurasi "192.168.201.1 mail.smkn1kediri.edu" yang nantinya baris konfigurasi tersebut akan digunakan sebagai hostname dari mail server yang akan kita bangun.

12. Kemudian ketikkan perintah "echo mail.smkn1kediri.edu > /etc/hostname" untuk melakukan konfigurasi nama hostname pada ubuntu kita.


13. Untuk melihat perubahan hostnamenya, lakukan reboot pada komputer anda dengan mengetikkan perintah "reboot".

14. Selanjutnya kita lakukan pengaturan urutan DNS server pada file /etc/resolv.conf, ketikkan perintah "nano /etc/resolv.conf" untuk melakukan konfigurasinya.

15. Untuk urutan yang pertama saya atur dengan alamt DNS server yang akan saya bangun pada Ubuntu ini (192.168.168.201.1), sedangkan untuk urutan yang kedua pada gambar tersebut adalah DNS Server luar yaitu DNS Servernya Telkom (202.134.1.10). Untuk menyimpannya tekan CTRL + X, kemduian ketikkan "y" dan tekan enter.


16. Langkah berikutnya adalah melakukan konfigurasi DNS Server pada ubuntu ini, pertama-tama kita intasll terlebih dahulu bind9 dengan cara "apt-get install bind9", kemudian jika ada perntanyaan seperti di bawah ini ketikkan saja "y" untuk mempersetujui instalasi. .

17. Lalu kita coba masuk ke direktori dari konfigurasi bind kita dengan mengetikkan perintah "cd /etc/bind".

18. Selanjutnya kita lakukan konfigurasi pada "named.conf" untuk membuat zone dari DNSnya. Ketikkan perintah "nano named.conf" untuk konfigurasinya.
 

19. Pada pengaturan pembuatan zone Forward pada file /etc/bind/named.conf, pada "zone smkn1kediri.edu" itu bisa anda konfigurasi sendiri domain DNS server anda sesuka. Konfigurasikan saja hampir sama dengan gambar dibawah ini. Simpan konfigurasi anda dengan meneekan CTRL + X, kemduian ketikkan "y" dan tekan enter.

20. Kemudian kita lakukan pengcopyan file "db.local" ke "db.smkn1kediri.edu" agar kita mudah melakukan konfigurasi DNSnya, dengan mengetikkan perintah "cp db.local db.smkn1kediri.edu".

21. Lakukan konfigurasi pada file db.smkn1kediri.edu dengan mengetikkan perintah "nano db.smkn1kediri.edu".

22. Konfigurasikan file db.forwardnya (db.smkn1kediri.edu) seperti pada gambar di bawah ini.

23. Agar konfigurasi DNS kita dapat diterapkan, restartlah service dari bind9 dengan mengetikkan perintah "service bind9 restart". Jika terdapat keterangan [ok] pada saat proses restart, maka konfigurasi DNS yang telah kita lakukan sudah benar.

24. Untuk menguji DNS kita, ketikkan perintah "nslookup mail.smkn1kediri.edu". Jika hasilnya ditemukan seperti pada gambar dibawah ini, berarti DNS Server anda sudah work.

25. Selain menggunakan nslookup, kita juga bisa menggunakan perintah "dig smkn1kediri.edu mx" dan "dig smkn1kediri.edu any". Pastikan hasilnya seperti pada gambar di bawah ini.
dig smkn1kediri.edu mx
dig smkn1kediri.edu any

26. Langkah berikutnya adalah melakukan instalasi Zimbranya. Untuk melakukan instalasi zimbranya, anda perlu mendownload file zimbranya terlebih dahulu di situs remisnya di sini .

27. Lalu copy file Zimbra yang telah anda download ke komputer ubuntu, bisa melalui media flashdisk ataupun dengan SCP.

28. Masuklah ke direktori dimana anda menyimpan file zimbranya dengan bantuan perintah "cd". Contohnya saya menaruhnya di /home/smkn1kediri/Documents, jadi ketikkan "cd /home/smkn1kediri/Documents".

29. Extractlah file dari Zimbranya dengan mengetikkan perintah "tar -zxvf nama_filenya". Contoh "tar -zxvf zcs-8.7.0_GA_1659.UBUNTU16_64.20160628202554.tgz"

30. Beri hak akses penuh pada folder hasil extact tadi dengan perintah " chmod 777 zcs-8.7.0_GA_1659.UBUNTU16_64.20160628202554 "

31. Masukklah ke dalam folder zimbra yang telah di extract tadi dengan perintah "cd zcs-8.7.0_GA_1659.UBUNTU16_64.20160628202554".

32. Untuk melakukan penginstallan zimbranya cukup dengan mengetikkan perintah "./install.sh" dan tekan enter.

33. Untuk versi zimbra yang saya download ini sebenarnya sudah cocok dengan versi OS yang saya gunakan, akan tetapi jika terdapat peringatan seperti ini yang memeperingatkan bahwa zimbra ini hanya support untuk ubuntu serverv 12.04 dan 14.04 LTS ketikkan saja "Y" kemudian tekan enter.

34. Selanjutnya akan muncul persetujuan "software license agreement" seperti pada gambar dibawah ini, untuk menyetujuinya ketikkan saja "y" dan tekan enter.

35. Jika terdapat pentanyaan "apakah anda ingin menggunakan repository zimbra ?" seperti pada gambar dibawah ini ketikkan saja "y" dan tekan enter.

36. Kemudian kita akan diminta untuk memilih packet-packet apa saja yang ingin dinstall dengan cara mengetikkan "y" dan tekan enter untuk menyetujuinya. Lakukan instalasi pada semua packet, kecuali pada packet "zimbra-dnscache". Karena sepengalaman saya dalam menginstall zimbra ini, jika kita menginstall packet "zimbra-dnscache" maka akan terjadi port conflict dengan service BIND kita sehingga nantinya setelah instalasi selesai akan terdapat error karena service "dnscache failed".

37. Setelah pemilihan packet yang ingin diinstall selesai, maka akan muncul pertanyaan "Lanjutkan ?". Ketikkan "y" dan tekan enter untuk menyetujuinya, sehingga proses instalasi akan dijalankan.

38. Jika terdapat DNS error seperti di bawah ini jangan panik, ketikkan saja "yes" dan tekan enter untuk mengganti MX Record DSNnya.

39. Pada pengubahan MX Record DNSnya, ketikkan nama domain kita (smkn1kediri.edu) bukan nama subdomainnya (mail.smkn1kediri.edu). Kemudian tekan enter.


40. Jika berhasil mengubah MX Record DNSnya, maka akan muncul keterangan seperti dibawah ini.

41. Selanjutnya kita akan dibawa ke menu pengaturan dari zimbra. Pada menu pengaturan ini, hal yang perlu kita konfigurasi adalah password dari admin zimbranya ini karena secara defaultnya masih "UNSET". Pada menu dibawah ini ternyata pengaturan user Admin terdapat pada "Zimbra-store" yang tedapat pada menu 7, untuk masuk ke menu tersebut ketikkan "7" kemudian tekan enter.

42. Pada menu "Store Configuration" untuk melakukan setting password, ternyata terdapat pada menu 4. Untuk mengaturn passwordnya ketikkan "4" kemudian tekan enter.

43. Selanjutnya kita akan diminta untuk mengatur password untuk adminnya. Atur password untuk user Adminnya minimal 6 karakter, kemudian tekan enter.

44. Untuk kembali ke menu awal, ketikkan "r" dan tekan enter.

45. Untuk mengaplikasikan konfigurasi-konfigurasi yang telah kita lakukan, ketikkan "a" kemduian tekan enter.

46. Jika terdapat pertanyaan "Simpan data konfigurasi ke sebuah file ?" ketikkan saja "y" dan tekan enter untuk menyetujuinya.

47. Kemudian kita diminta untuk menentukan dimana file konfigurasi ini akan disimpan, tekan saja enter untuk melakukan penyimpanan sesuai dengan alamat defaultnya.

48. Lalu akan ada peringatan dan pertanyaan bahwa "sistem akan termodifikasi - lanjutkan ?", ketikkan saja "yes" dan tekan enter untuk menyetujuinya.

49. Tunggu hingga proses pengkonfigurasian selsesai, biasanya membutuhkan waktu yang agak lama. Selanjutnya akan muncul pertanyaan  "Notify Zimbra of your installation ?"

50. Configurasi Selesai, tekan tombol apa saja pada keyboard untuk keluar dari installasi zimbra.

51. Setelah installasi zimbra selesai, anda dapat mengakses zimbranya melalui web browser pada Laptop/komputer client dengan cara mengetikkan "https://ip_server:7071". Contoh "https://192.168.201.1:7071", sebenarnya anda juga bisa mengaksesnya melalui domain "https://mail.smkn1kediri.edu:7071" akan tetapi anda harus menyetting ip DNS server dari komputer/laptop clietn anda menjadi alamt DNS Server dari komputer Ubuntu. Jika kita mengakses dengan " https://192.168.201.1:7071 " maka kita akan di arahkan ke page login untuk admin memanage dan memonitoring zimbra, sedangkan jika kita mengakses dengan "https://192.168.201.1" maka kita akan diarahkan ke page login untuk melihat email kita. Jika terdapat peringatan  "Your connection is not secure" seperti ini, klik pada "Advance" --> pilih "Add Exception..." .
 

52. Klik "Confirm Security Exeption".

53. Pada page login ini, masukkan usernya admin pada konfigurasi tadi dan passwordnya yang sudah kita atur tadi saat proses konfigurasi. Lalu klik "Sign in" untuk masuk.

54. Pada saat pertama kali kita masuk, pasti akan terjadi error seperti ini.


55. Untuk mengatasinya, pergilah ke menu Manage --> Server status kemudian klik tombol refresh/reload beberapa kali pada bagian kanan atas. Nanti statusnya akan hijau semua dan mail server siap digunakan seperti pada gambar di bawah ini.

 56. Untuk login ke mail biasa bisa anda gunakan "https://192.168.201.1" (tanpa port tambahan) atau menggunakan "https://mail.smkn1kediri.edu". Akan tetapi jika kita menggunakan domain, maka pada komputer/laptop client kita harus kita setting dulu DNS Servernya dengan IP dari Ubuntu ini. Jika sudah di akses, pada login page masukklah kembali dengan username admin. Lalu akan muncul tampilan Mail seperti pada gambar di bawah ini.

G. Referensi

Sumber :
+ https://www.linuxindo.com/solution/zimbra/
+ http://www.altertek.net/2012/04/install-zimbra-7-server-on-ubuntu.html

H. Hasil Yang Didapatkan
   
    Hasil dari kegiatan ini adalah kita dapat melakukan konfigurasi dan instalasi mail server zimbra, sehingga terbentuklah sebuah mail server dengan aplikasi mail server zimbra.


I. Kesimpulan

     Dengan melakukan kegiatan instalasi dan konfigurasi mail server zimbra ini, kita dapat membuat sebuah mail server yang handal. Kenapa bisa dibilang handal ?, karena mail server zimbra ini memiliki banyak sekali fitur-fitur tambahan dibandingkan dengan mail server-mail server yang lainnya, Contoh saja jika di mail server lain untuk menjalankan mails server tersebut kita harus menginstall web server seperti apache terlebih dahulu, akan tetapi tidak dengan zimbra. Di zimbra ini ternyata apachenya sudah satu packet dengan zimbranya, sehingga memudahkan kita dalam membangun sebuah mail server.

     Sekian dari saya, mohon maaf sebesar-besarnya jika terdapat banyak kesalahan dalam postingan saya ^.^ 

Wassalamualikum Wr. Wb.




Previous
Next Post »