Training Cisco CCNA oleh Nixtrain, Materi : InterVLAN Switch Layer 3



Assalamulaikum Wr. Wb.
     Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang materi yang diberikan saat training cisco oleh nixtrain, yaitu tentang InterVLAN Switch Layer 3.  Dengan adanya InterVLAN switch Layer 3 ini, kita dapat menghubungkan antar vlan-vlan yang berbeda sehingga vlan1 dengan yang lainnya dapat berkomunikasi menggunakan perangkat switch Layer 3. Sebenarnya sama saja dengan Router On the Stick, hanya saja perangkat dan beberapa konfigurasinya bebeda. Untuk lebih jelasnya yuk kita pahami penjelasan berikut ini.

A. Pengertian

VLAN
      Satu VLAN adalah satu broadcast domain, sehingga satu buah komputer di sebuah VLAN tidak dapat terkoneksi dengan komputer yang berbeda VLAN. Agar komputer yang berbeda VLAN dapat terkoneksi maka dibutuhkan perangkat layer 3 yaitu router. Persyaratan router yang dapat dipakai untuk routing VLAN adalah router tersebut harus bisa dibuat trunking ke switch. Oleh karena itu, router-nya harus tersedia interface fastethernet, selain itu IOS untuk router tersebut juga harus mendukung trunking. Cirinya adalah interface-nya bisa dibuat subinterface, dan mendukung enkapsulasi ISL serta DOT1Q. Inter-VLAN routing adalah proses mem-forward traffic network dari satu VLAN ke VLAN lain menggunakan router. VLAN diasosiasikan dengan ip subnet yang unik pada network. Konfigurasi subnet akan memfasilitasi proses routing pada lingkungan beberapa VLAN. Ketika kita menggunakan router untuk memfasilitasi inter-VLAN routing, interface pada router dapat dihubungkan dengan VLAN yang berbeda. Setiap device pada VLAN tersebut mengirimkan traffic melalui router untuk mencapai VLAN lain.


Swicth Layer 3

     Switch layer-3 beroperasi pada layer-3 dari model OSI dasar teknologi routing. Switch tipe ini membangun koneksi logika antar port berdasarkan alamat jaringan. Switch-switch ini dapat digunakan untuk menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda di dalam suatu internetwork. switch layer-3 kadang-kadang di sebut Switch routing atau switch multilayer.

     Penggunaan layer 3 Switching akan dapat membantu menyelesaikan masalah latensi komunikasi antar segmen dan juga batasan kinerja yang biasa digunakan oleh paket filtering yang menggunakan routing berdasarkan processor. Layer 3 Switching adalah technology LAN yang digunakan untuk meningkatkan kinerja routing antar VLAN dan tercapainya kecepatan forwarding transparent.

     Layer 3 Switching memungkinkan komunikasi antar VLAN atau antar segmen jaringan dengan kecepatan tinggi mendekati kecepatan komunikasi kabel Ethernet pada umumnya. Komunikasi antar jaringan pada layer 3 biasa menggunakan piranti Router yang umum digunakan untuk komunikasi antar site lewat WAN Cloud.

B. Latar Belakang

     Dalam pembuatan VLAN pada sebuah jaringan, biasanya untuk perangkat yang berada didalam satu VLAN dan satu subnet yang sama bisa melakukan komunikasi dan saling bertukar informasi antara satu dengan yang lain, lalu bagaimana dengan perangkat yang berbeda VLAN ?. Untuk perangkat yang berbeda vlan pastinya tidak akan bisa melakukan komunikasi karena sudah berbeda VLAN dan pastinya sudah berbeda subnet, Karena 1 vlan hanya untuk 1 broadcast domain saja. Bagaiamana caranya untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang berada pada VLAN yag berbeda ?. Salah satu solusinya adalah dengan bantuan perangkat layer 3 yaitu Router, dengan perangkat router ini kita akan menghubungkan antar vlan 1 dengan vlan yang lain atau yang biasa disebut dengan InterVLAN Routing. Apakah hanya perangkat Router saja yang bisa menghubungkan antar vlan yang berbeda ?. Sebenarnya tidak hanya router saja yang bisa menghubungkan antar vlan, akan tetapi ada perangkat lain yaitu Swtich layer 3. Berbeda dengan Switch pada umumnya yang hanya bekerja pada layer2, Switch layer 3 ini bekerja pada layer 3 sehingga dapat melakukan routing dan dapat diberi ip. 

C. Persiapan Software dan Hardware
  • Laptop
  • Aplikasi Cisco Packet Tracer


D. Maksud dan Tujuan

     Kegiatan ini bermaksud agar kita dapat memahami konfigurasi dan konsep dari InterVLAN itu sendiri, sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menghubungkan antar VLAN 1 dengan VLAN yang lain dengan menggunakan perangkat Swtich Layer 3.


E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. Nyalakan Laptop anda --> bukalah aplikasi Cisco Packet Tracer --> pada cisco packet tracer buatlah topologi seperti dibawah ini.
 

 2. Selanjutnya kita lakukan konfigurasi pada switch kita melalui CLI dengan klik pada Switch --> pindah ke tab CLI.
 
 Klik pada Switch
 
 Berpindah ke tab CLI

3. Konfigurasi pertama yang perlu kita lakukan adalah membuat vlan sesuai dengan topologi yang telah kita buat, untuk melakukannya ketikkan perintah dibawah ini.
Switch>en
Switch#conf t
Enter configuration commands, one per line.  End with CNTL/Z.
Switch(config)#vlan 10
Switch(config-vlan)#name TKJ
Switch(config-vlan)#exit
Switch(config)#vlan 20
Switch(config-vlan)#name RPL
Switch(config-vlan)#exit
Switch(config)#vlan 30
Switch(config-vlan)#name Multimedia
Switch(config-vlan)#exit

4. Langkah selanjutnya adalah men-assign atau mendaftarkan port-port kita ke vlan yang telah dibuat sesuai dengan topologi kita. untuk konfigurasinya ketikkan perintah dibawah ini.
Switch(config)#int fa0/1
Switch(config-if)#switchport access vlan 10
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#int fa0/2
Switch(config-if)#switchport access vlan 20
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#int fa0/3
Switch(config-if)#switchport access vlan 30
Switch(config-if)#exit

5. Selanjutnya kita beri ip untuk vlan-vlan yang telah kita buat, ibaratnya jika di router on the stick adalah seperti kita memberi ip pada sub interface kita yang nantinya akan dijadikan sebagai gateway dari network vlan. untuk konfigurasinya ketikkan perintah berikut.
Switch(config)#int vlan 10
Switch(config-if)#ip add 192.168.10.254 255.255.255.0
Switch(config-if)#no shutdown
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#int vlan 20
Switch(config-if)#ip add 192.168.20.254 255.255.255.0
Switch(config-if)#no shutdown
Switch(config-if)#exit
Switch(config)#int vlan 30
Switch(config-if)#ip add 192.168.30.254 255.255.255.0
Switch(config-if)#no shut
Switch(config-if)#exit

6. Setelah konfigurasi pemberian ip tadi selesai, switch layer 3 ini belum bisa digunakan secara langsung untuk menghubungkan vlan-vlan kita, beda dengan router on the stick tadi. Agar Switch layer 3 dapat menghubungkan vlan-vlan yang telah kita buat, maka kita harus mengetikkan perintah berikut ini.
Switch(config)#ip routing

7. Simpan konfigurasi-konfigurasi yang telah kita lakukan ke NVRAM pada switch dengan mengetikkan perintah berikut.
Switch(config)#do write

8. Settinglah IP pada PC sesuai dengan topologi yang telah kita buat, dengan cara klik pada pc --> berpindah ke tab desktop --> pilih ip configuration.
 
 Klik Pada PC
 
 Pilih IP Configuration

9. Settinglah ipnya sesuai dengan topologi yang telah kita buat, dan jangan lupa untuk mensetting gatewaynya dengan ip vlan tadi.
Pada PC1
Pada PC2
Pada PC3

10. Untuk menguji InterVLAN kita, lakukan uji ping dari PC1 ke semua PC dengan bantuan command prompt pada PC. Untuk membuka command prompt, klik pada PC --> pindah ke tab desktop --> pilih Command Prompt.

11. Lakukan ping dari PC1 ke PC2 dan PC3, PC2 ke PC1 dan PC3, serta PC3 ke PC1 dan PC2. Jika berhasil maka konfigurasi InterVLAN Switch Layer 3 anda sudah benar.
Ping dari PC1 ke PC2 dan PC3
Ping dari PC2 ke PC1 dan PC3
Ping dari PC3 ke PC1 dan PC2


F. Referensi
Sumber :
http://www.jaringan-komputer.cv-sysneta.com/layer-3-switching
http://celimoet.blogspot.co.id/2011/07/switch-layer-2-dan-switch-layer-3.html
Ebook : 08 LAB Inter VLAN routing (4).pdf dari Nixtrain


G. Hasil dan Kesimpulan

     Jadi dengan menggunakan InterVLAN Switch Layer 3 ini, kita dapat menghubungkan antar perangkat 1 dengan perangkat lain yang berbeda VLAN dan subnetnya dengan perangkat Switch Layer 3, sehingga antar-antar VLAN tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar informasi.

Sekian dari saya, mohon maaf sebesar-besarnya jika terdapat banyak kesalahan dalam postingan saya ^-^ 

Wassalamualikum Wr. Wb.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
1 Februari 2017 pukul 21.17 delete

Boleh dibagi module" lain e via email untuk belajar

Reply
avatar