Training Cisco CCNA oleh Nixtrain, Materi : VLAN dan Trunk



Assalamulaikum Wr. Wb.
     Pada kesempatan kali ini saya akan share tentang materi yang diberikan saat training cisco oleh nixtrain, yaitu tentang Virtual LAN atau yang biasa disebut dengan VLAN dan juga tentang teknologi Trunk yang bisa untuk mendistribusikan sebuah traffic dari beberapa VLAN, nah untuk lebih lengkapnya yuk kita pamahami penjelasan berikut.

A. Pengertian

     Virtual LAN atau disingkat VLAN merupakan sekelompok perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasikan (menggunakan perangkat lunak pengelolaan) sehingga dapat berkomunikasi seperti halnya bila perangkat tersebut terhubung ke jalur yang sama, padahal sebenarnya perangkat tersebut berada pada sejumlah segmen LAN yang berbeda. Vlan dibuat dengan menggunakan jaringan pihak ke tiga. VLAN merupakan sebuah bagian kecil jaringan IP yang terpisah secara logik. VLAN memungkinkan beberapa jaringan IP dan jaringan-jaringan kecil (subnet) berada dalam jaringan switched switched yang sama. Agar computer bisa berkomunikasi pada VLAN yang sama, setiap computer harus memiliki sebuah alamat IP dan Subnet Mask yang sesuai dengan VLAN tersebut. Switch harus dikonfigurasi dengan VLAN dan setiap port dalam VLAN harus didaftarkan ke VLAN. Sebuah port switch yang telah dikonfigurasi dengan sebuah VLAN tunggal disebut sebagai access port.

     Sebuah VLAN memungkinkan seorang Administrator untuk menciptakan sekelompok peralatan yang secara logic dihubungkan satu sama lain. Dengan VLAN, kita dapat membagi jaringan switch secara logik berdasarkan fungsi, departemen atau project team .

Keuntungan VLAN

Penerapan sebuah teknologi VLAN memungkinkan sebuah jaringan menjadi lebih fleksibel untuk mendukung tujuan bisnis. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan VLAN:

  • Security– Departemen yang memiliki data sensitive terpisah dari jaringan yang ada, akan mengurangi peluang pelanggaran akses ke informasi rahasia dan penting.
  • Cost reduction – Penghematan biaya dihasilkan dari tidak diperlukannya biaya yang mahal untuk upgrades jaringan dan efisiensi penggunaan bandwidth dan uplink yang tersedia.
  • Higher performance – Dengan membagi jaringan layer 2 menjadi beberapa worksgroup secara logik (broadcast domain) mengurangi trafik yang tidak diperlukan pada jaringan dan meningkatkan performa.kjk
  • Broadcast storm mitigation – Dengan membagi sebuah jaringan menjadi VLAN mengurangi jumlah peralatan yang berpartisipasi dalam broadcast storm.
  • Improved IT staff efficiency – Dengan VLAN pengelolaan jaringan lebih mudah, karena user-user dengan kebutuhan jaringan yang sama berbagi VLAN yang sama.
  • Simpler project or application management – Memiliki fungsi-fungsi terpisah mempermudah pengelolaan sebuah project atau bekerja dengan aplikasi khusus.

Trunk

     Trunking adalah sebuah konsep dimana sistem komunikasi dapat menyediakan akses jaringan untuk banyak client dengan berbagi satu set garis atau frekuensi, tidak memberikan secara individu.


B. Latar Belakang

     Pengunaan teknologi jaringan komputer sebagai media komunikasi data sampai saat ini semakin berkembang. Kebutuhan atas penggunaan bersama resources yang ada dalam jaringan baik software maupun hardware telah mengakibatkan timbulnya berbagai pengembangan teknologi jaringan itu sendiri. Sejalan dengan tingginya penguna jaringan yang berharap maksimal terhadap efisiensi kerja bahkan sampai tingkat kemanan jaringan komputer itu sendiri.
     Latar belakang itulah yang membuat berbagai pihak yang bergelut dibidang jaringan berusaha menyempurnakan jaringan itu sendiri. Dengan memanfaatkan berbagai tekhnik khususnya teknik subnetting dan penggunaan hardware yang lebih baik (antara lain switch) maka muncullah konsep Virtual Local Area Network (VLAN) yang diharapkan dapat memberikan hasil yang lebih baik dibanding Local area Network (LAN).


C. Persiapan Software dan Hardware
  • Aplikasi Cisco Packet Tracer
  • Modul VLAN dan Trunk
  • Laptop

D. Maksud dan Tujuan

     Kegiatan konfigurasi VLAN ini bertujuan agar kita dapat melakukan konfigurasi VLAN dan VLAN Trunking pada switch, sehingga dapat menghemat penggunaan hardware dalam pembuatan jaringan.

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. Pada Cisco Packet tracer, buatlah topologinya seperti di bawah ini.
 

2. Ubah Hostname dari kedua switch agar kita tidak bingung saat melakukan konfigurasi.

##################Pada Switch1################
Switch(config)#hostname  S1

##################Pada Switch2################
Switch(config)#hostname S2

2. Pertama kita buat VLAN 10 TKJ dan VLAN 20 RPL pada switch 1 dengan mengetikkan perintah dibawah ini
##################Pada Switch1################
S1(config)#vlan 10
S1(config-vlan)#name TKJ
S1(config-vlan)#exit
S1(config)#vlan 20
S1(config-vlan)#name RPL
S1(config-vlan)#exit

3. Buat juga VLAN 10 TKJ dan VLAN 20 RPL pada switch 2 dengan mengetikkan perintah dibawah ini
##################Pada Switch1################
S1(config)#vlan 10
S1(config-vlan)#name TKJ
S1(config-vlan)#exit
S1(config)#vlan 20
S1(config-vlan)#name RPL
S1(config-vlan)#exit
4. Setelah vlan-vlan kita jadi, langkah selanjutnya adalah men-assign atau mendaftarkan port-port yang diinginkan ke vlan yang telah kita buat sesuai dengan topologi yang telah kita buat, contohnya saja disini nanti saya akan mendaftarkan port fa0/1 - fa0/5 ke dalam vlan 10 dan port fa0/6 - fa0/10 ke vlan 20 dengan cara mengetikkan perintah berikut ini.
##################Pada Switch1################
S1(config)#interface range fa0/1-5
S1(config-if)#switchport mode access
S1(config-if)#switchport access vlan 10
S1(config-if)#exit
S1(config)#interface range fa0/6-10
S1(config-if)#switchport mode access
S1(config-if)#switchport access vlan 20

 5. Daftarkan juga port-portnya pada switch2 ke vlan, seperti pada switch 1 tadi.
##################Pada Switch1################
S2(config)#interface range fa0/1-5
S2(config-if)#switchport mode access
S2(config-if)#switchport access vlan 10
S2(config-if)#exit
S2(config)#interface range fa0/6-10
S2(config-if)#switchport mode access
S2(config-if)#switchport access vlan 20

6. Setting ip pada masing masing PC sesuai dengan topologi yang telah kita buat dengan car klik pada PC --> pindah ke tab desktop --> ip configuration --> isikan ipnya.
  
Pada PC1
  
Pada PC1
 
Pada PC2
 
Pada PC3
 

Pada PC4

7. Coba anda lakukan ping dari PC1 ke PC3 yang satu vlan dan 1 subnet atau dari PC2 ke PC4.
Ping dari PC1 ke PC3
Ping dari PC2 ke PC4

    Kenapa tidak bisa ? karena pada topologi ini terdapat 2 perangkat switch dan port yang digunakan untuk menghubungkan kedua perangkat, tidak masuk dalam vlan yang dibuat. bagaimana caranya agar port yang menghubungkan kedua switch dapat mendistribusikan vlan yang ada ? salah satu caranya adalah denga mengubah mode port tersebut menjadi trunk.

8. lakukan trunking pada port fa0/24 pada masing-masing switch, karena trunk disini akan membawa sebuah traffic dari berbagai vlan. untuk melakukan trunking ketikkan perintah dibawah ini.

##################Pada Switch1################
S1(config)#int fa0/24
S1(config-if)#sw mode trunk
 ##################Pada Switch1################
S2(config)#int fa0/24
S2(config-if)#sw mode trunk
 9. Lakukan ping lagi dari PC ke PC yang satu VLAN, pasti akan berhasil seperti dibawah ini.
 
Ping dari PC1 ke PC3
 
Ping dari PC2 ke PC4

F. Referensi
sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/VLAN
Ebook : 07 LAB VLAN .pdf dari Nixtrain
Ebook : 07 LAB TRUNK .pdf dari Nixtrain

G. Hasil dan Kesimpulan

     Jadi dengan menggunakan konsep jaringan VLAN, jaringan dapat dibagi-bagi berdasarkan grup hal ini akan menjadikan jaringan bisa lebih aman dan bisa termanage dengan mudah oleh seorang administrator jaringan. Hal ini akan mempermudah bagi pekerjaan seorang administrator jaringan dalam melakukan pengecekan dan monitoring clientnya.
     Selain itu, dengan membuat VLAN ini membawakan banyak keuntungan lain pada sebuah jaringan diantaranya adalah penghematan biaya dalam pembuatan jaringan, meningkatkan peforma, mengurangi broadcast strom, mempermudah pengelolaan jaringan, dan masih banyak lagi.

Sekian dari saya, mohon maaf sebesar-besarnya jika terdapat banyak kesalahan dalam postingan saya ^-^ 

Wassalamualikum Wr. Wb.
Previous
Next Post »