Pembukaan Kegiatan Training Cisco CCNA Oleh Nixtrain dan Pembawaan Materi Pertama : Introducting Cisco Certification



Assalamulaikum Wr. Wb.
     Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang event / kegiatan yang kita lakukan pada hari Senin, 22 Agustus 2016 ini. Pada hari ini kami anak-anak prakerin BLC Telkom Klaten, sangat beruntung sekali bisa mendapatkan training Cisco CCNA oleh Nixtrain Bandung yang tidak dipungut biaya dalam pelaksanaan training tersebut. Padahal jika kita mengikuti training pada lembaga-lembaga tertentu akan dikenai biaya yang mahal sekali setiap pertemuannya, tetapi alhamdulillah pada kesempatan kali ini tidak di pungut biaya sama sekali. Nah untuk pertemuan pertama kali ini kita akan membahas tentang sertifikasi-sertifikasi pada cisco yang diterangkan langsung oleh instruktur dari Nixtrain yaitu pak "Ardes Setiawan".

A. Pengertian


     Cisco Systems Inc. merupakan perusahaan global dalam bidang telekomunikasi yang bermarkas di San José, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984. Perusahaan ini mempekerjakan 51.480 pekerja.

     Produk dari perusahaan ini dapat ditemukan dari ruang tamu sampai ke perusahaan yang bergerak untuk skala internasional.Visi dari Cisco System.Inc (Cisco) yaitu “mengubah bagaimana cara hidup,bekerja,bermain dan belajar”,dan bagian dari Slogan dari Cisco adalah “ Selamat datang kedalam dunia Jaringan “ (welcome to the human network).Cisco adalah salah satu produk untuk Teknologi Informasi nomor satu didunia,terutama untuk sytem,perangkat keras jaringan serta telekomunikasinya.

     Cisco System (Cisco) menjual jaringan dan komunikasi teknologi, peralatan dan pelayanan untuk transportasi data, suara dan video ke seluruh dunia. Produk perusahaan dan pelayanan terdiri dari beberapa kategori diantaranya adalah router, swicth, network access, IP telephony, keamanan, Jaringan fiber optik, jaringan data center, jaringan via sinyal, jaringan untuk rumah, dukungan layanan teknis dan pelayanan jaringan.

     Produk Cisco di tujukan kepada korporate bisnis, institusi umum, perusahaan telekomunikasi dan segala jenis ukuran bisnis juga sampai ke rumah rumah. Perusahaan Cisco juga menyediakan produk yang digunakan untuk mengantar data, suara, video untuk antar gedung, antar kampus dan seluruh dunia. Model pengelolaan bisnis Cisco lebih ke globalisasi dan termanagement melalui 5 bagian negara yaitu ; Canada, Eropa, Asia pasifik dan jepang serta market yang ada.

     Untuk Sekedar informasi, bisnis perusahaan ini bergerak di dua bagian segment yaitu produk dan pelayanan. Dan untuk kedepan, produk akan dibagi lagi menjadi 4 bagian yaitu : router, switches, teknologi terbaru dan yang lainnya.

B. Latar Belakang

     Dalam melakukan pembukaan lowongan pekerjaan dari perusahaan yang bergerak di bidang IT maka perusahaan tersebut akan mengambil pekerja-pekerja yang mempunyai skill yang mumpuni dan menggajinya sesuai dengan level / tingakatan sklill dari pekerja tersebut, Lalu bagaimana Sebuah perusahaan bisa mengetahui atau membuat standarisasi pencapaian skill dari para pekerjanya tersebut ?, salah satu caranya adalah mencantumkan persyaratan sertifikasi tertentu jika ingin masuk ke perusahaan tersebut dan dari sertifikasi tersebut si perusahaan akan tahu tentang sejauh mana skill yang dimiliki pekerjanya tersebut sehingga perusahaan tersebut juga mudah untuk memberikan standarisasi pemberian gaji sesuai dengan sertifikat yang dimiliki. Salah satu perusahaan yang sangat diminati sertifikasinya adalah Cisco, karena cisco ini merupakan perusahaan besar dan tidak main-main dalam melakukan sertifikasi. Standart kelulusan sertifikasi cisco ini sangat ketat dan kalaupun kita lulus, sertifikasi yang kita dapat tersebut mempunyai masa aktif selama 3 tahun. Setelah 3 tahun tersebut, kita diharuskan untuk melakukan ujian ulang.

C. Persiapan Software dan Hardware
  • Proyektor
  • Layar Proyektor
  • Buku Tulis
  • Laptop
  D. Maksud dan Tujuan

     Pelatihan ini bermaksud untuk mengenalkan kita terhadap cisco, melatih kita untuk mempelajari materi-materi tentang cisco, menuntun kita untuk bagaimana mendapatkan sebuah sertifikasi oleh cisco. Sedangkan sertifikasi cisco sendiri
 
E. Pembahasan


Cisco Networking Academy


     Untuk menyediakan sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk mengoperasikan, mendesain, mengimplementasi serta menjaga keamanan dari produk Cisco yang tersebar di dunia, maka Cisco membangun sebuah institusi pendidikan yang dinamakan Cisco Networking Academy.

     Institusi pendidikan pusat Cisco yang ada di Amerika membuka kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan formal maupun non-formal yang berada di seluruh dunia dengan harapan mampu menyebarkan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengelola perangkat Cisco.

     Sertifikasi dikeluarkan untuk memberikan penghargaan dan sebuah tanda bukti kemampuan kompetensi dari peserta didik yang telah mampu mengikuti dan menyelesaikan kurikulum program dari Cisco Networking Academy.


Sertifikasi Cisco



     Cisco memiliki sejumlah sertifikasi yang tersedia disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan pemahaman dari siswa. Masing-masing sertifikasi memiliki masa berlaku 3 tahun dan harus mengikuti tes ulang untuk memperpanjang sertifikasi tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas dari alumni CNA sehingga tetap meningkatkan pengetahuan di bidang teknologi jaringan yang bersifat dinamis.


Sertifikasi Level Associate



     Untuk skala pemula, bisa mengambil sertifikasi berjudul Cisco Certified Entry Networking Technician atau Cisco Certified Network Associate (CCNA). Namun untuk yang ada di Indonesia CCNA adalah sertifikasi yang paling populer dibandingkan dengan CCENT, dan merupakan sertikasi dasar sebelum menuju ke sertifikasi selanjutnya.

     Setelah mengetahui dasar jaringan, konsep, operasi dan penyelesaian masalah serta konfigurasi dasar keamanan jaringan, siswa bisa mengambil lagi sertifikasi-sertifikasi lanjutan yang bersifat lebih spesifik.

    * CCNA Security
    * CCNA Voice dan CCVP
    * CCNA Wireless

     Selain mempelajari bagaimana mengelola dan mengoperasi perangkat Cisco, terdapat juga kurikulum untuk bagaimana merancang susunan solusi perangkat Cisco dalam berbagai kondisi dengan mengambil sertifikasi Cisco Certified Design Associate (CCDA).


Sertifikasi Profesional



    Untuk bisa mengambil sertifikasi profesional ini, dibutuhkan sertifikasi awal yaitu CCNA yang masih valid. Beberapa macam sertifikasi profesional antara lain:

    * Cisco Certified Network Professional (CCNP)
    * Cisco Certified Design Professional (CCDP)
    * Cisco Certified Internetwork Professional (CCIP)
    * Cisco Certified Security Professional (CCSP)
    * Cisco Certified Voice Professional (CCVP)


Sertifikasi Expert (Ahli/pakar)



     Sertifikasi ini ada dua macam. Cisco Certified Design Expert (CCDE) adalah sertifikasi yang diberikan kepada siswa yang mampu melakukan segala hal yang ada pada level Sertifikasi di bawah-nya dan mampu melakukan optimalisasi, mengembangkan solusi serta mampu memberikan dukungan teknis maupun strategis secara berlanjut. Yang kedua adalah Cisco Certified Internetwork expert (CCIE). Sertifikasi ini adalah sertifikasi tertinggi di CNA. CCIE adalah tingkat ujian yang paling susah dan diharapkan akan mampu memahami pengetahuan Cisco baik hardware, software, solusi dan juga konsultasi.

Apa saja sih track sertifikasi yang tersedia pada Cisco ?

     Dalam sertifikasinya cisco mempunyai beberapa track, untuk sekarang jumlah tracknya terdapat 9, apa saja sih tracknya ? yuk lihat saja gambar dibawah ini.

    Dari gambar diatas dapat kita ketahui bahwa cisco mempunyai 9 track yaitu : Industrial/Iot, Design, Wireless, Security, Routing & Switching, Collaboration, Data Center, Cloud, Service Provider.

Berapa sih harga ujian untuk sertifikasi CCNA Routing & Switching ?


Untuk exam price atau harga dari ujian CCNA sendiri ada 2 jalur. Jalur pertama yaitu dengan mengambil 1 kali ujian CCNA 200-120 dengan harga $295 / sekitar Rp 3.835.000, atau anda dapat  mengambil 2 kali ujian ICND yaitu ujian dengan code ICND1 100-101 dan ICND2 200-101 dengan harga tiap-tiap ujiannya adalah $150 / sekitar Rp 1.950.000 jadi jumlah biaya 2 ujian ICND tersebut sekitar $300 / Rp 3.900.000 .

Apa saja sih materi / buku yang harus dipelajari untuk mendapatkan CCNA Routing & Switching ?

 
 Untuk materi resmi dari cisco, kita dapat mempelajari buku-buku yang sudah dikeluarkan oleh cisco sesuai dengan ujian yang ingin diambil.
 

 Dimana sih tempat ujiannya diselenggarakan ?

 

     Untuk melihat tempat ujian setifikasi cisco terdekat anda dapat mengunjungi web http://www.pearsonvue.com/typo3/locate/, kemudian anda lakukan search pada kotak pencarian yang tersedia.

Gimana sih untuk mengecek sertifikasi yang sudah kita dapatkan ?


     untuk mengecek sertifikasi yang sudah kita dapatkan, kita dapat meverifikasinya di http://www.ciscocertificates.com/verify.cfm dengan memasukkan code sertifikasi kita ke kotak pengecheckan.

Ada kabar baru nih, ternyata mulai 20 Agustus 2016 code ujian tadi sudah tidak berlaku.


     yup, mulai dari 20 Agustus 2016 code ujia untuk CCNA R&S telah diganti. ini dikarenakan materi-materi pada code ujian sebelumnya kurang diimplementasikan di perusahaan, sehingga kurikulumnya diganti dengan yang baru. Pergantian codenya diantaranya, 100-101 ICND1 --> 100-105 ICND1, 200-101 ICND2 --> 200-105 ICND2, 200-120 CCNA --> 200-125 CCNA.

 

Kalau buat CCNP, berapa sih harga ujiannya ?

     Untuk CCNP sendiri kita harus melakukan 3 kali ujian, yaitu Route 300-101 dengan harga $ 200 / sekitar Rp 2.600.000, Switch 300-115 dengan harga $ 200 / sekitar Rp 2.600.000, TSHOOT 300-135 $ 150 / sekitar Rp 1.950.000.

Kalau buat CCIE, berapa sih harga ujiannya ?


     Untuk mendapatkan sertifikasi CCIE, kita harus melakukan 2 kali ujian. Yaitu ujian tulis dengan harga $400 / sekitar Rp 5.200.000, dan ujian Lab dengan harga $1600/$1900 atau sekitar Rp 20.800.000 / Rp 24.700.000 .

Berapa sih gaji yang kita dapat jika mempunyai sertfikat tersebut ?

     Standart gaji untuk CCNA adalah sekitar 4-6 juta/bulan, untuk CCNP 6-8 juta/bulan, dan untuk CCIE 15 juta lebih /bulan .


Berikut adalah dokuentasi kegiatan kami pada hari ini :


F. Referensi

Sumber :
https://ahmadhanafi.wordpress.com/2010/04/23/tentang-cisco-layanan-dan-sertifikasi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Cisco_Systems
Ebook : 01 Introduction Cisco Certification and CCNA R S.pdf
Presentasi pak Ardes Setiawan.
 
G. Hasil dan Kesimpulan
     Dengan adanya sertifikasi pada cisco ini sangat berguna bagi kita untuk mendapatkan standarisasi skill yang kita punya dan untuk melamar pekerjaan pada suatu perusahaan yang bergerak di bidang IT serta memudahkan si perusahaan dalam menggaji kita, karena perusahaan tersebut sudah mengetahui sejuah mana skill yang kita miliki dengan melihat sertifikat yang kita miliki. Karena standarisasi sertifikasi cisco ini bersifat International, maka jika kita memlikinya satu saja, kita akan diperhitungkan saat kita melamar pekerjaan.

     Sekian dari saya, mohon maaf sebesar-besarnya jika terdapat banyak kesalahan dalam postingan saya ^-^ 

Wassalamualikum Wr. Wb.
Previous
Next Post »