Sharing Tentang Robotic Bersama ROTOBOT Robotics School


Assalamulaikum Wr. Wb.
     Hai teman-teman, kali ini saya akan sedikit share tentang kegiatan yang  dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 30 Juli 2016. Pada hari sabtu ini tepatnya sekitar jam 11.00 setelah kami melakukan evaluasi kerja rutin yang diadakan setiap sabtunya, kami kedatangan kakak-kakak dari ROTOBOT Robotics School. Mereka berjumlahkan 2 orang, yaitu Kak Nova Eka Budiyanta dan Agur Yake Mulia. Mereka berdua menjelaskan kepada kita tentang apa itu ROTOBOT ? apa itu robot ? apa itu robotika ? mengapa harus robotik ? apa saja tipe-tipe dari robot ? apa keuntungan mempelajari robotika ? apa saja lomba-lomba robotika yang ada di Indonesia ? dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.


Pelaksanaan kegiatan Sharing :

Tempat             : BLC TELKOM
Waktu              : 11.00 - 12.20
Peserta             : Semua Peserta Prakerin (TKJ, RPL, MM)
Pembahasan     : Pengenalan tentang Robot dan Robotika
Presentator       : 


 
 Nova Eka Budiyanta, S.Pd.

 
 Agur Yake Mulia


Apa itu Rotobot?

 

     Rotobot merupakan lembaga pendidikan non formal yang bergerak di bidang pendampingan pembelajaran sistem otomasi dan robotika.  Ruang lingkup aktifitas Rotobot Robotics School antara lain:
  1. Pendampingan pembelajaran Robotika dan Sistem Otomasi bagi siswa SD, SMP, SMA/SMK, dan Umum.
  2. Kerjasama Ekstrakurikuler Robotika dengan sekolah (SD – SMA/SMK).
  3. Workshop/Pelatihan Sistem Otomasi, Microcontroller dan Robotika bagi guru.
  4. Pendampingan Persiapan Kompetisi Robot bagi perseorangan maupun Institusi Pendidikan.
  5. Penjualan kit robotik dan penjualan komponen robotika bekerjasama dengan Krofduino.
  6. Penjualan alat pembelajaran elektronika / Trainer Edukasi. (Custom)
  7. Kerjasama Pelatihan Sistem Otomasi Industri untuk kalangan industri.

Apa Itu Robot ?

 

     Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.


     Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.

Beberapa Pengertian Tentang Robot


Pada kamus Webster pengertian robot adalah

    An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings
    (sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia)

Dari kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah:

    A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer.
    (Sebuah mesin yang mampu melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer)

     Pengertian dari Webster mengacu pada pemahaman banyak orang bahwa robot melakukan tugas manusia, sedangkan pengertian dari Oxford lebih umum.

     Beberapa organisasi di bidang robot membuat definisi tersendiri. Robot Institute of America memberikan definisi robot sebagai:

    A reprogammable multifunctional manipulator designed to move materials, parts, tools or other specialized devices through variable programmed motions for the performance of a variety of tasks
    (Sebuah manipulator multifungsi yang mampu diprogram, didesain untuk memindahkan material, komponen, alat, atau benda khusus lainnya melalui serangkaian gerakan terprogram untuk melakukan berbagai tugas)

International Organization for Standardization (ISO 8373) mendefinisikan robot sebagai:

    An automatically controlled, reprogrammable, multipurpose, manipulator programmable in three or more axes, which may be either fixed in place or mobile for use in industrial automation applications
    (Sebuah manipulator yang terkendali, multifungsi, dan mampu diprogram untuk bergerak dalam tiga aksis atau lebih, yang tetap berada di tempat atau bergerak untuk digunakan dalam aplikasi otomasi industri)

Dari beberapa definisi di atas, kata kunci yang ada yang dapat menerangkan pengertian robot adalah:
  • Dapat memperoleh informasi dari lingkungan (melalui sensor)
  • Dapat diprogram
  • Dapat melaksanakan beberapa tugas yang berbeda
  • Bekerja secara otomatis
  • Cerdas (intelligent)
  • Digunakan di industri


Apa Itu Robotika ?


     Robotika adalah satu cabang teknologi yang berhubungan dengan desain, konstruksi, operasi, disposisi struktural, pembuatan, dan aplikasi dari robot. Robotika terkait dengan ilmu pengetahuan bidang elektronika, mesin, mekanika, dan perangkat lunak komputer.

     Pemikiran tentang pembuatan mesin yang dapat bekerja sendiri telah ada sejak Era Klasik, namun riset mengenai penggunaannya tidak berkembang secara berarti sampai abad ke-20. Kini, banyak robot melakukan pekerjaan yang berbahaya bagi manusia seperti menjinakkan bom, menjelajahi kapal karam, dan pertambangan.


Mengapa Robotik ?


     Ilmu Pengetahuan dan Teknologi semakin berkembang pesat sehingga menuntut dunia pendidikan untuk semakin mengembangkan berbagai macam disiplin ilmu. Generasi muda bangsa pada masa ini dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin berkembang setiap saat. Dunia otomasi dan robotika menjadi kiblat perkembangan teknologi dimasa ini. Tidak jarang industri yang telah memakai teknologi otomasi dan robotika demi menunjang efisiensi perusahaan. Semakin lama kebutuhan akan sistem otomasi dan robotik semakin meningkat untuk menggantikan peran manusia di dunia industri. Penggantian itu didasari pada kelebihan sistem otomasi dan robotika yang mampu memberikan hasil lebih presisi dan stabil. Sistem otomasi dan robotika merupakan tantangan tersendiri bagi dunia, pembekalan generasi muda sejak dini tentang disiplin ilmu robotika diharapkan mampu menjadi jawaban atas tantangan dunia di masa depan. Pembekalan konsep sistem otomasi dan robotika sejak dini diharapkan juga dapat menjadi modal yang kuat untuk dikembangkan pada segala aspek.

     Dalam dunia pendidikan yang terjadi akhir – akhir ini tidak sedikit adanya kompetisi robotika dan teknologi baik yang diadakan pada tingkat regional maupun nasional. Kompetisi robotika dan sistem otomasi dalam dunia pendidikan diharapkan mampu menjadi ajang untuk memperkenalkan kepada generasi muda sejak dini akan sistem otomasi dan robotika sehingga dapat menjadi bahan eksperimen untuk menciptakan suatu teknologi otomasi yang baru dan terus berkembang. Rotobot berpartisipasi untuk menjawab tantangan masa depan tersebut yaitu dengan memberikan kerjasama kegiatan ekstrakurikuler robotika, pendampingan lomba, maupun diklat Robotika dan Sistem Otomasi untuk siswa SMP dan SMA / SMK, serta umum.


Apa manfaatnya bagi kita untuk mempelajari tentang robotika ?

Manfaat Mempelajari Robotika :

  1. Merangsang siswa untuk berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah.
  2. Meningkatkan kemampuan motorik pada siswa.
  3. Meningkatkan keterampilan, imajinasi, dan kreativitas .dalam merakit sebuah robot.
  4. Melatih kerjasama dalam kelompok dan meningkatkan kepercayaan diri siswa.
  5. Melatih siswa untuk dapat menerima dan menghargai pendapat orang lain serta berani menyatakan atau menampilkan ide kreatifnya.
  6. Melatih kesabaran dan ketekunan siswa dalam membuat suatu proyek.
  7. Mengasah logika dan pola pikir siswa.
  8. Menambah pengetahuan tentang sistem otomasi dan dunia robotika kepada siswa.
  9. Membekali siswa untuk dapat berpartisipasi dalam kompetisi bidang robotika baik regional maupun nasional.

Lomba Robotika Di Indonesia


     Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah kegiatan kontes bidang robotika yang dapat diikuti tim mahasiswa dari institusi atau Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta yang terdaftar di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pada KRI terdapat 5 (lima) divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tipe berkaki, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

     KRI 2016 diselenggarakan dalam 4 Wilayah Tingkat Regional, yang mencakup: Regional 1 Meliputi Wilayah Sumatera dan sekitarnya; Regional 2 meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan sekitarnya; Regional 3 meliputi Wilayah Jawa Tengah, DIY dan sekitarnya; Regional 4 meliputi Jawa Timur dan sekitarnya. Peserta yang sebelumnya berada pada Regional 5 (Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Papua) akan diarahkan ke Regional 2, 3 dan 4.

     Waktu dan Tempat pelaksanaan KRI Regional 1 adalah tanggal 12-14 Mei 2016 di Politeknik Caltex Riau, Regional 2 tanggal 28-30 April 2016 di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung, Regional 3 tanggal 21-23 April 2016 di Universitas Diponegoro Semarang, dan Regional 4 tanggal 5-7 Mei 2016 di Politeknik Negeri Jember

     Pemenang dari ketiga Kontes Regional akan diundang untuk ikut serta dalam Kontes Robot Tingkat Nasional pada tanggal 1-4 Juni 2016 di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

     Untuk dapat mengikuti KRI 2016, setiap tim calon peserta harus mengajukan proposal yang ditujukan ke Panitia Pusat KRI 2016 dengan persetujuan Wakil Rektor/Ketua/Direktur Bidang Kemahasiswaan masing-masing Perguruan Tinggi. Persyaratan tim, mekanisme pengajuan proposal dan form pendaftaran dapat dilihat pada Panduan KRI 2016

Berikut ini adalah dokumentasi dari kegiatan kami :

























































Sumber :
+http://rotobot.org/
+https://id.wikipedia.org/wiki/Robotika
+https://id.wikipedia.org/wiki/Robot
+https://www.kontesrobotindonesia.org/kri-2016/

      Sekian dari saya, mohon maaf sebesar-besarnya jika terdapat banyak kesalahan dalam postingan saya ^-^ 

Wassalamualikum Wr. Wb.
Previous
Next Post »