Instalasi GNS3 pada Linux Mint 18 Sarah




Assalamualaikum Wr. Wb.
     Hai sobat, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara untuk melakukan intalasi GNS3 pada linux Mint 18 Sarah. Sebenarnya udah pada tahu belum sih GNS3 itu apa? dan fungsinya apa?. Kalau belum tahu, mari kita belajar bareng-bareng aja pemgertian di bawah ini.

A. Pengertian

Pengertian GNS3

GNS3 adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, atau Mac OS X.
Untuk memungkinkan simulasi lengkap, GNS3 memiliki beberapa komponen yaitu:

a)  Dynamips
     Dynamips merupakan software yang dibuat oleh Christophe Fillot. Software ini untuk mensimulaikan IOS router Cisco seri 1700, 2600, 3600, 3700, dan 7200. Dynamips dikembangkan untuk keperluan training, testing, eksperimen, dan menguji kualitas konfigurasi IOS pada router secara real. Software ini berbasis CLI dan tidak memiliki mode GUI sehingga harus memahami perintah-perintahnya. Dynamips mampu berjalan dibeberapa sistem operasi seperti linux dan windows.

b)  Dynagen
     Dynagen dibuat oleh Greg Anuzelli merupakan program front-end untuk dynamips yang berfungsi untuk menyederhanakan konfigurasi dynamips.

c)  Qemu
Untuk membuat suatu simulasi jaringan di GNS3 terkadang kita memerlukan keberadaan end user device untuk keperluan test koneksi end to end sehingga simulasi routing menjadi terasa lebih realistic. Qemu merupakan aplikasi emulator yang mengandalkan translasi binary untuk mencapai kecepatan yang layak saat berjalan di arsitektur komputer host. Dalam hubungannya dengan komputer host, Qemu menyediakan satu perangkat model yang memungkinkan untuk menjalankan berbagai sistem operasi yang belum dimodifikasi sehingga dapat ditampilkan dalam hosted virtual machine monitor. Qemu juga dapat memberikan dukungan percepatan modus campuran binary translation (untuk kernel code) dan native execution (untuk user code)

d)  WinPCAP
     WinPcap adalah tool standar yang digunakan pada industri untuk mengakses link-layer network pada lingkungan kerja Windows. WinPCap mengizinkan aplikasi untuk mengambil dan mentransmisikan paket-paket jaringan, serta mendukung kernel-level packet filtering, network statistics engine, dan remote packet capture.

e)  VPCS
     Merupakan emulator PC/node, Prinsip kerja dari GNS3 adalah mengemulasi Cisco IOS pada komputerAnda, sehingga PC Anda dapat berfungsi layaknya sebuah atau beberapa router bahkan switch, dengan cara mengaktifkan fungsi dari EthernetSwitch Card.
GNS3 dirilis dalam proyek open source dan tersedia dalam berbagai platform OS, seperti Windows, Linux dan MAC OSX.

Fitur-fitur yang didukung GNS3 antara lain:
  1. Desain jaringan kualitas tinggi dan topologi jaringan yang kompleks.
  2. Mengemulasikan berbagai platform Cisco IOS router, IPS, PIX dan ASA firewall, JUNOS.
  3. Simulasi Ethernet sederhana, ATM dan Frame Relay switch.
  4. Koneksi antara jaringan simulasi dengan jaringan yang sesungguhnya di dunia nyata.
  5. Dapat dihubungkan ke jaringan fisik.
  6. Dapat diintegrasikan dengan wireshark (tools packet capture/analyzer) untuk analisa traffic jaringan.

Kelebihan Menggunakan GNS3

    Karena IOS nya adalah real, maka kita seakan-akan melakukan konfigurasi pada router sungguhan.
    Kelebihan lain, GNS3 memungkinkan untuk menjalankan router high end (seri 3600, maupun 7200) yang tidak bisa dijalankan pada packet tracer.Pada GNS3 kita juga dapat menjalankan router Firewall(PIX).

B. Latar Belakang

Dalam membuat sebuah jaringan, seorang engineer haruslah membuat perencanaan pembuatan jaringan, seperti untuk apa jaringan itu nantinya, bagaimana bentuk topologinya, bagaimana cara konfigurasinya, konfigurasi mana yang lebih praktis dan sesuai untuk jaringan tersebut, bagaimana perencanaan pemberian ip untuk masing-masing perangkat jaringan, dan lain-lain. Dalam pembuatan topologi dan konfigurasi sebelum ke pembuatan jaringan yang aslinya, seorang engineer dapat melakukannya pada sebuah aplikasi simulator. Nah, salah satunya adalah aplikasi GNS3 ini.

C. Persiapan Software dan Hardware

  • Seperangkat komputer / laptop
  • Koneksi internet

D. Maksud dan Tujuan

Dengan melakukan instalasi GNS3 pada linux mint ini, diharapkan nantinya kita dapat melakukan pembuatan topologi jaringan yang ingin kita buat dan konfigurasi pada perangkat-perangkat yang terdapat pada aplikasi ini.

E. Tahapan Pelaksanaan Kegiatan

1. hidupkan komputer anda, koneksikan komputer anda dengan internet, dan bukalah terminal dengan menekan kombinasi tombol CTRL+ALT+T.

2. Masuklah ke mode SuperUser (root) agar kita dapat melakukan proses instalasi pada kali ini.

3. Masukkan repository dari aplikasi GNS3 dengan mengetikkan perintah "add-apt-repository ppa:gns3/ppa"

4. Update repository anda dengan mengetikkan perintah "apt-get update"
 

5. Lakukan instalasi GNS3 dengan mengetikkan perintah "apt-get install gns3-gui"

6. Setelah anda selesai melakukan instalasi GNS3, lakukanlah instalasi IOU support untuk GNS3. Cisco IOU ini nanti akan dijalankan pada mesin virtual, dan di integrasikan ke GNS3 menggunakan ip addressnya. Dengan menggunakan IOU, maka kita bisa menggunakan banyak router, dan resoursce yang digunakan akan lebih hemat (sesuai dengan yang kita atur pada mesin virtual IOU nya). Pertama ketikkan perintah "dpkg --add-architecture i386"

7. Lakukan update lagi dengan mengetikkan perintah "apt-get update" .


8. Selanjutnya lakukan penginstallan IOU dengan mengetikkan perintah "apt-get install gns3-iou".

9. Setelah semua proses instalasi selesai, untuk membuka GNS3 kita, ketikkan perintah "gns3" pada terminal kita, karena nantinya jika kita masuk ke GNS3 menggunakan user root dan user biasa itu akan berbeda hak akses dan pennyimpanan projectnya. maka saya buka saja menggunakan user biasa.


10. Selanjutnya jika sudah terbuka, maka akan muncul setup seperti diabwah ini. anda bisa close saja dulu.
 

11. Selanjutnya beri nama untuk project baru anda. Jika sudah klik "OK" untuk melanjutkan.

12. GNS3 siap untuk digunakan.

13. Agar GNS3 benar-benar siap digunakan, sekalian saja kita pasang saja IOS Cisco pada Router kita. IOS disini merupakan sistem operasi jaringan untuk Router Cisco. Untuk mendapatkannya, anda dapat mendownloadnya di sini


14. Setelah anda selesai mendownloadnya, baru kita tambahkan IOS yang kita download ke router. Caranya, klik pada "edit" --> kemudian pilih "preference".

15. Pada Preferences, pilih pada Dynamips --> IOS routers --> New.

 16. Selanjutnya akan muncul jendela pembuatan IOS router baru. Pilih "New Image, kemudian klik pada "browse" untuk mencari file IOS yang sudah kita download tadi.

17. Cari dimana file IOS kita berada, kemudian klik open untuk memuatnya.

18. Klik "Next" untuk melanjutkan proses pembuatan.


19. Selanjutnya pada pengaturan Name and Platform, untuk bagian name merupakan nama untuk router anda dan pada Platform merupakan jenis dari IOS anda. Klik "Next" untuk melanjutkan.

20. Pada bagian "Memory", aturlah besarnya RAM yang ingin anda berikan ke router. Contohnya di sini saya mengaturnya sebesar 192 MB, lalu klik "Next" untuk melanjutkan.

21. Pada bagian network adapter ini, untuk defaultnya yang pada bagian slot1 itu mempunyai 2 interface pada routernya nanti. Jika menurut anda 2 interface itu kurang, anda dapat menambahkan adapter lain pada slot 2. Klik "Next untuk  melanjutkan.


22. Pada WIC modules, anda dapat melewatinya saja dengan mengklik "Next".

23. Pada bagian idle-PC, klik pada "idle-PC finder". Idle-PC ini digunakan untuk mengurangi CPU Usage.

24. Tunggu hingga proses selesai.
 

 25. Jika Idle-PC value telah ditemukan, klik "OK".

26. Selanjutnya klik "finish" untuk mengakhiri proses pembuatan IOS Router.

27. Klik "apply", kemudian pilih "OK" untuk menerapkan.

28.  Kemudian kembali ke tampilan awal pada GNS3 dan cobalah klik pada icon "Router". Dari sini sudah terlihat bahwa Router IOS c2691 telah terbuat. anda bisa menambahkan router tersebut dengan melakukan drag and drop ke field utama.


F. Referensi
Sumber :
http://harianchanan.blogspot.co.id/
http://lukmanlab.blogspot.co.id/2016/03/instal-gns3-di-linux-ubuntu.html
http://blog.ariessadewa.id/2015/12/cisco-iou-on-gns3.html 

G. Hasil dan Kesimpulan

     Dengan melakukan intalasi GNS3 ini, kita dapat melakukan pembuatan topologi jaringan, konfigurasi perangkat, menghubungkan antar VM dengan GNS3, dan masih banyak hal lainnya lagi

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
s
AUTHOR
4 April 2017 pukul 01.36 delete

terima kasih pak bos..tutornya. sukses buat pak bos .

Reply
avatar