Diskusi pembelajaran bersama "Internasional ICT Volunteer" dari Korea Selatan


Assalamualaikum Wr. Wb.
     Hai..hai.. guys, pada hari kamis, 07 Juli 2016 tepatnya jam 22.30 WIB BLC Telkom klaten didatangi oleh beberapa orang dari Korea Selatan yang dijemput langsung oleh Mbah Suro Di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Pada saat pertama datang sih, kita langsung mempersilahkan mereka untuk beristirahat di BLC Telkom Klaten karena kami tahu mereka pasti sudah kelelahan di perjalanan Karena perjalanan Korea Selatan - Indonesia saja sudah memakan waktu selama 7 jam Perjalanan. Dari bajunya sih tertulis "International ICT Volunteer" mungkin memang mereka merupakan sukarelawan yang melalang buana ke berbagai negara untuk membagikan ilmu mereka ke kita semua.

      Lanjut besoknya pada Jum'at 08 Juli 2016 kami anak-anak prakerin BLC dari Kediri seperti biasa datang pada jam 8 dari Kos-kosan untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Yah meskipun ada yang menginap di BLC karena Mbah Suro sedang sendirian, jadi beberapa dari kami disuruh untuk menginap di BLC. Setelah sholat Jum'at akhirnya kami mulai berinteraksi dengan mereka dari bincang-bincang yang kami lakukan, kami telah mengetahui nama-nama dari Mister-mister ini. yang pertama adalah Mr. Dongil Kim yang master dalam web programming, yang kedua adalah Mr. Lee yang handal dalam Artificial Intelligence (kecerdasa buatan), yang ketiga adalah Mr. Han, dan yang Keempat adalah Mr. Dong Won yang lumayan bisa berbahasa indonesia. Jadi kami anak prakerin dari kediri berkomunikasi dengan mereka menggunakan bahasa inggris dengan Mister-mister ini, yah meskipun kemampuan bahasa inggris kita sangat di bawah standar (wkwkwkwk) tetapi sedikit-sedikit sih kami masih bisa berkomunikasi dengan mereka. Kata mereka sih Indonesia tempatnya panas (kwkwwkwk), ya kami bisa maklumi sih karena pasti di korea temperatur suhu udara di negaranya rendah, jadi saat tiba di Indonesia pasti mereka merasa kepanasan.

    Pada saat Kami mulai berdiskusi bersama, mereka mulai menayakan tentang apa saja yang telah kita terima, bahasa permrograman apa saja yang pernah kita pelajari, pelajaran apa yang kita sukai di bidang Computer Science, dan masih banyak hal lain lagi. Dari sini kita ditawari beberapa bahan atau program pembelajaran yang ingin kita pelajari. Karena banyaknya materi yang mereka tawarkan, membuat kita agak lama berdiskusi dan bertanya-tanya kepada mister-mister ini. Dan disini kami agak tertarik pada Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) yang dikuasai oleh Mr. Lee dan Web Programming yang dikuasai oleh Mr. Dongil Kim. Dari yang dijelaskan oleh Mr.Lee, dalam pembelajaran Artificial Intelligence ini agar mudah kita akan menggunakan bahasa Python dan Untuk Web Programming kita akan mempelajari tentang HTML, CSS, Java Script, Mysql, PHP dan masih banyak lagi.

   Karena Waktu mereka berada di BLC Telkom sangat terbatas yaitu hanya 4 minggu, maka kami berdiskusi dan mendapatkan hasilnya yaitu kami akan belajar untuk 2 minggu pertama adalah Artificial Intelligence dan untuk 2 minggu berikutnya kita akan belajar tentang Web Programming. Untuk pembelajarannya, mereka meminta waktu sekitar 3-4 hari untuk mempersiapkan bahan yang ingin mereka sampaikan kepada kita. Jadi ini berarti bahwa kita akan memulai pembelajaran saat teman-teman kita yang lain yang masih menikmati liburan datang. Sebenarnya yang bikin kami terbengong adalah kadang-kadang saat mereka berkomunikasi, mereka menggunakan bahasa korea (wlwkwkwk). Setelah itu kami disuruh oleh Mr. Lee untuk mempersiapkan apa-apa saja yang diperlukan dalam pembelajaran Artificial Intelligence, seperti menginstall Python pada komputer kita.

   Dari yang mereka katakan, ternyata mereka tidak hanya ke Indonesia saja. Sebelum ke Indonesia mereka telah transit ke berbagai negara seperti : Thailand, Filiphina, Singapura, dan negara-negara lainnya. Dan juga, di Indonesia ternyata mereka tidak hanya berada di BLC Telkom Klaten saja, akan tetapi mereka juga akan ke kota-kota lain seperti Jepara dan desa-desa lainnya.


Sekian....
Wassalamualaikum Wr. Wb.

 


Previous
Next Post »